Pilar-pilar keimanan yang akan membuatnya kokoh ada empat hal: Taqwa kepada Allah, rasa malu untuk bermaksiat, bersyukur atas segala nikmat Allah dan bersabar atas segala ujian (Kalam Ahli Hikmah)

PROGRAM Tiket berkah Akhirat Sahabat mari kita Bina Dhuafa, bagi Bapak/Ibu yang ingin menyumbangkan atau berdonasi baik Uang,baju bekas layak pakai atau barang- barang bekas lainnya seperti komputer, radio bekas, sepeda bekas, dan barang barang bekas silahkan salurkan ke Program Bina Dhuafa KLIK LINK INI UNTUK MENGETAHUI CARA MEMBERIKAN DONASI ANDA



MESIN PENCARI GOOGLE

Rabu, 30 Maret 2011

Kehebatan sedekah

dijadikan topik perbincangan di kalangan masyarakat akhir-akhir ini. meski sedekah menjadi sebuah ajaran agama sejak lama, namun pembahasan secara intens belum banyak dilakukan. Barulah ketika ada salah satu ustadz muda yang gemar mengangkat tema sedekah dalam kotbahnya, konsep sedekah menjadi sebuah hal yang menarik untuk dibincangkan.
Jika diperintahkan oleh Tuhan, tentu ada rahasia kehebatan sedekah yang akan menjadi buah dari perbuatan baik tersebut jika kita mau melakukannya. Karena tidaklah mungkin Tuhan memerintahkan manusia untuk melakukan sebuah perbuatan jika itu tidak baik bagi manusia itu sendiri. Hanya kadang manusialah yang belum mampu memahami makna di balik perintah Tuhan, khususnya yang terkait dengan konsep sedekah.
Meski sudah dijanjikan akan kehebatan sedekah, masih banyak manusia yang merasa berat untuk melakukan sedekah. Salah satu alasannya adalah rasa cinta yang berlebihan pada harta yang dimilikinya. Selain pada masih besarnya keraguan akan janji Tuhan, yang menjadikan sebagian orang berpikir bahwa dengan bersedekah hanya akan mengurangi harta dan kekayaan yang dimilikinya.

Kehebatan Sedekah
Namun bagi mereka yang mempercayai janji Tuhan, kehebatan sedekah bukanlah sebuah isapan jempol. Demikian banyak makna yang bisa dirasakan oleh manusia saat melakukan sedekah kepada sesamanya. Beberapa kehebatan sedekah di antaranya adalah :
  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan dan mengurangi kecintaan yang berlebihan pada harta. Dengan bersedekah, akan mengingatkan kita bahwa harta yang ada pada diri kita hanyalah sebuah titipan dari Tuhan. Sehingga kita tidak perlu terlalu mencintai harta tersebut, karena harta itu tidak akan kita bawa saat mati.
  2. Menumbuhkan rasa solidaritas dan setia kawan kepada sesama manusia. Karena dengan bersedekah, sama artinya kita turut merasakan kesulitan yang dialami oleh orang lain.
  3. Melakukan distribusi kekayaan. Dengan demikian harta dan kekayaan yang ada di bumi ini tidak terpusat pada satu kelompok tertentu saja, namun bisa lebih merata pada pihak lainnya.
  4. Menabung dengan keuntungan 700 kali dari yang kita keluarkan. Ini merupakan janji Tuhan, akan melipatgandakan setiap kebaikan yang dilakukan manusia sebesar 700 kali. Tidak ada satu transaksi dengan manusia yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar 700 kali lipat, kecuali bisnis dengan Tuhan saja.

2 komentar:

  1. Tidak ada satu transaksi dengan manusia yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar 700 kali lipat, kecuali bisnis dengan Tuhan saja.
    ==== benar, bisnis dengan Tuhan, mengikhlashkan/memurnikan amalan tersebut (sedekah/sodaqoh) hanya untuk Alloh dengan cara2 yang dibenarkan Tuhan yg telah diakarkanNYA melalui Rosul-NYA, mengikhlashkan/memurnikan amalan tersebut (sedekah/sodaqoh) bukan untuk mendapatkan balasan keuntungan duniawi. Sehingga janganlah mengharapkan keuntungan duniawi disaat Anda melakukan bisnis dengan Tuhan, karena itulah hakekat kesyirikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. diakarkanNYA melalui Rosul-NYA = diajarkanNYA melalui Rosul-NYA

      Hapus

TINGALKAN URL SITUS / BLOG ANDA DI AKHIR COMMENTAR TERIMAKASIH.