Pilar-pilar keimanan yang akan membuatnya kokoh ada empat hal: Taqwa kepada Allah, rasa malu untuk bermaksiat, bersyukur atas segala nikmat Allah dan bersabar atas segala ujian (Kalam Ahli Hikmah)

PROGRAM Tiket berkah Akhirat Sahabat mari kita Bina Dhuafa, bagi Bapak/Ibu yang ingin menyumbangkan atau berdonasi baik Uang,baju bekas layak pakai atau barang- barang bekas lainnya seperti komputer, radio bekas, sepeda bekas, dan barang barang bekas silahkan salurkan ke Program Bina Dhuafa KLIK LINK INI UNTUK MENGETAHUI CARA MEMBERIKAN DONASI ANDA



MESIN PENCARI GOOGLE

Senin, 17 Juni 2013

Inilah Makna Dari Sedekah


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
Bismillahirrahmaniirahiim
Alhamdulillahirrabil’alamiin, Mahasuci Allah yang Dzat-Nya menjadi tempat bergantung makhluknya. Tidak ada sesuatu apapu yang mampu mengganti posisi-Nya sebagai pelindung dan penolong makhluk. Allah selalu memudahkan bagi manusia untuk mendapat ridha-Nya. Sesungguhnya kemenangan hanyalah milik orang-orang yang taqwa dan yakin.
Shalawat dan salam semoga tercurah kepada nabi dan rasul paling mulia. Kekasih Tuhan semesta alam, Abil Qasim Muhammad saw, beserta keluarga sucinya yang telah Allah sucikan mereka dari segala noda dosa sesuci-sucinya.
Sungguh sangat istimewa kedudukan orang yang ahli sedekah, sudah banyak para ulama, kyai, ustadz dan guru-guru ngaji yang membahas tentang keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada para ahli sedekah. Keistimewaan-keistimewaan yang diberikan kepada ahli sedekah diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Para Malaikat sentiasa berdoa supaya ditambahkan rezeki kepada pemberi sedekah.
  • Merupakan kemenangan atas syaitan.
  • Memadam kemurkaan Allah SWT.
  • Merupakan penyembuh segala penyakit.
  • Menjaga kehormatan dan martabat.
  • Memperbaiki amalan anda sebelum mati.
  • Pelindung dari api neraka.
  • Mendapat perlindungan utama dari Allah SWT.
  • Memberi keberkahan kepada pemilik harta.
  • Melembutkan hati yang keras.
  • Menyamankan dalam kubur dan memadam api dalam kubur.
  • Menghapuskan segala kesalahan, menghapuskan segala dosa.
  • Menolak bala dan melindungi pemberi sedekah serta ahli keluarga dari bala bencana.
  • Mengatasi segala persoalan hidup
  • Calon-calon ahli surga
Sedekah sangat dahsyat efeknya bagi para pelakunya. Dan dengan sedekah kesenjangan sosial tidak nampak lagi, karena orang-orang yang mampu bersedakah dengan senang hati dan ikhlas saling berbagi sedikit hartanya untuk para kaum dhuafa dan orang yang membutuhkan dan berhak menerimanya. Begitu juga sebaliknya sipenerima merasa lebih legowo dan enak menerimanya, dikarenakan keikhlasan tadi. Berbeda dengan menerima sesuatu pemberian dengan sipemberi tidak ada rasa keikhlasan didalam hatinya.
Oleh karena besarnya manfaat dan indahnya berbagi, maka kami berusaha untuk memfasilitasi dan membuat suatu wadah online yang dikhususkan dalam pembahasan tentang sedekah dan keindahan ISLAM pada umumnya. Dimana keajaibannya sudah banyak yang merasakan dan membutikannya.

Inilah Makna Dari Sedekah
Dari Abu Dzar r.a. berkata, bahwasanya sahabat-sahabat Rasulullah saw. berkata kepada beliau: “Wahai Rasulullah saw., orang-orang kaya telah pergi membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.”
Rasulullah saw. bersabda : “Bukankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan? Yaitu, setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian (dengan isteri) adalah sedekah.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami melampiaskan syahwatnya dan dia mendapatkan pahala?”
Rasulullah saw. menjawab, “Bagaimana pendapat kalian jika ia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, apakah ia berdosa? Demikian juga jika melampiaskannya pada yang halal, maka ia mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)
Sanad Hadits :
Hadits di atas memiliki sanad yang lengkap (sebagaimana yang terdapat dalam Shahih Muslim, Kitab Al-Zakat, BAGIAN Bayan Anna Ismas Shadaqah Yaqa’u Ala Kulli Nau’ Minal Ma’ruf, hadits no 1006).
Gambaran Umum Tentang Hadits :
Hadits ini memberikan gambaran luas mengenai makna sedekah. Karena digambarkan bahwa sedekah mencakup segenap sendi kehidupan manusia. Bukan hanya terbatas pada makna menginfakkan uang di jalan Allah, memberikan nafkah pada fakir miskin atau hal-hal sejenisnya. Namun lebih dari itu, bahwa sedekah mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid dan tahlil), amar ma’ruf nahi mungkar, bahkan hubungan intim seorang suami dengan istrinya juga merupakan sedekah. Oleh karena itulah, Rasulullah saw. secara tersirat meminta kepada para sahabatnya untuk pandai-pandai memanfaatkan segala aktivitas kehidupan agar senantiasa bernuansakan ibadah. Sehingga tidak perlu “gusar” dengan orang-orang kaya yang selalu bersedekah dengan hartanya. Karena makna sedekah tidak terbatas hanya pada sedekah dengan harta.
AsBAGIANul Wurud Hadits :
Hadits ini merupakan jawaban terhadap pertanyaan beberapa Muhajirin yang fakir, dimana mereka “terpaksa” meninggalkan harta benda mereka di Mekah, sehingga mereka merasa tidak dapat ber sedekah. Ketika pertanyaan mereka terlontar ke Rasulullah saw., beliau memberikan jawaban yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran mereka.
Makna Hadits :
Hadits ini muncul dengan latar belakang “kegundahan hati” para sahabat, manakala mereka merasa tidak dapat optimal dalam beribadah kepada Allah swt.. Karena mereka merasa bahwa para sahabat-sahabat yang memiliki kelebihan harta, kemudian men sedekahkan hartanya tersebut, tentulah akan mendapatkan derajat yang lebih mulia di sisi Allah swt.. SeBAGIAN mereka melaksanakan shalat, puasa, namun mereka bersedekah, sedangkan kami tidak bersedekah, kata para sahabat ini.
Akhirnya Rasulullah saw. sebagai seorang murabbi sejati memberikan motivasi serta dorongan agar mereka tidak putus asa, dan sekaligus memberikan jalan keluar bagi para sahabat ini. Jalan keluarnya adalah bahwa mereka dapat bersedekah dengan apa saja, bahkan termasuk dalam hubungan intim suami istri. Oleh karenanya tersirat bahwa Rasulullah saw. meminta kepada mereka agar padai-pandai mencari peluang ‘pahala’ dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari, agar semua hal tersebut di atas terhitung sebagai sedekah.
Inilah Makna Dari Sedekah

1 komentar:

TINGALKAN URL SITUS / BLOG ANDA DI AKHIR COMMENTAR TERIMAKASIH.